Thursday, November 10, 2011

Kualitas Situs Web dan Blog Menurut Google dan Yahoo

Setiap orang yang memiliki situs website atau blog pasti ingin memiliki peringkat yang baik dalam hasil pencarian di Search Engine seperti Google dan Yahoo. Karena SEO yang baik berarti banyak pengunjung, banyak pengunjung berarti banyak penjualan, banyak penjualan berarti banyak pendapatan.
Untuk itu biasanya para pemilik situs selalu berlomba-lomba untuk memperbaiki SEO dengan tujuan memperbaiki peringkat di hasil pencarian. Dan tidak sedikit yang menggunakan cara curang atau biasa disebut Black SEO.
Banyak situs yang sukses dengan Black SEO, tetapi lebih banyak yang gagal. Akibatnya justru memperburuk peringkat situs web atau blog di Search Engine. Kalaupun ada yang sukses dengan Black SEO, itu hanya sementara saja. Percayalah, lambat laun situs mereka akan lenyap di hasil pencarian Search Engine.

Seperti apa kata mbah Google, dalam membuat situs web atau blog, “Focus on the user and all else will follow” – utamakan pada kepentingan pengunjung. Semakin lama, algoritma Search Engine semakin baik. Situs website atau blog yang baik di mata pengunjung, baik juga di mata Search Engine, dan Black SEO semakin terkucilkan.

Untuk itu, jika anda ingin membuat website atau blog, buat sebaik mungkin di mata pengunjung dan juga di mata SEO. Berikut beberapa pedoman untuk membuat situs website dan blog yang berkualitas menurut Google dan Yahoo :
  • Menulis judul dalam tag <TITLE></TITLE> dalam setiap halaman, dan tag title tersebut menjelaskan secara akurat tentang isi dari halaman tersebut (maksimal 64 karakter).
  • Cobalah untuk membuat dua halaman baru setiap minggu. Jika tidak bisa, cobalah seminggu sekali. Minimal, buat halaman baru setiap sebulan sekali.
  • Usahakan konten halaman baru Anda adalah konten yang unik, menarik, dan berisi informasi yang berguna bagi pembaca.
  • Usahakan halaman website atau blog bisa di akses dengan cepat, tidak berat, tidak berisi file gambar yang besar, dan tidak ada broken link (link rusak).
  • Usahakan semua halaman website atau blog bisa diakses melalui kode link normal <A HREF> (bukan menggunakan Javascript ataupun Flash).
  • Memasang link ke situs web atau blog lain yang berkualitas dan relevan. Jangan memberikan link ke situs yang tidak relevan dan tidak berkualitas apalagi ke situs yang melanggar TOS.
  • Ikuti standart desain web sesuai dengan W3Schools dan hindari kesalahan-kesalahan dalam mendesain website atau blog.
  • Jangan menghabiskan waktu anda untuk mencari trik agar peringkat di Search Engine meningkat. Percayalah, jika situs web dan blog Anda menarik bagi pengunjung Anda, peringkat akan terus meningkat. Hal ini dikarenakan Algoritma Search Engine selalu ada perbaikan disetiap waktu.
  • Jangan bersusah payah mencari backlink ke setiap halaman situs Anda. Jika konten halaman Anda menarik, backlink akan datang dengan sendirinya tanpa Anda mencari atau meminta.
  • Sebagai tambahan, tulis meta tag description dan keywords sesuai dengan konten halaman.
  • Jangan menggunakan program otomatis untuk men-submit situs Anda ke Search Engine.
  • Jangan menggunakan teks yang tersembunyi dari penglihatan pengunjung.
  • Jangan menggunakan program otomatis untuk membuat halaman web atau blog. Terlalu banyak halaman website atau blog tanpa diimbangi banyaknya pengunjung, dianggap buruk oleh Search Engine.
Ada tambahan dari Anda?

0 comments:

Post a Comment